Tuesday, June 30, 2015

MESIN BOR SUMUR


Water Swivel

Bagian paling sulit dalam pembuatan 

Mesin bor sumur


Mengenal Sumur Bor Mesin
Sumur bor mesin – mungkin kalimat itu sudah tidak asing lagi bagi kita yaitu orang yang sedang merencanakan akan membuat sumur atau anda yang memang sedang membutuhkan informasi karena akan membuat sumur.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit informasi fakta seputar sumur bor mesin, yaitu sebuah proses penggalian sumur atau pembuatan sumur dengan sebuah alat bor yang diputar dengan tenaga manusia/mesin.

Fakta yang saya amati perbedaan antara sumur bor mesin dengan sumur bor manual adalah proses pembuatan sumur bor mesin lebih efektif dan efisien, Jika ingin membuat sumur bor saya sarankan gunakan bor mesin.

Kelebihan proses pembuatan sumur bor mesin
- Waktu pengerjaan lebih cepat.
- Resiko Gagal sedikit
- Biaya tidak terpau banyak
- tidak perlu membuang tanah bekas galian

Kelemahan proses pembuatan sumur bor mesin
Alat yang digunakan lebih banyak


Biaya proses pembuatan sumur bor mesin
Jasa pembuatan sumur bor sangat relatif tergantung paket yang disepakati apakah hanya mengebor saja atau lengkap dengan pemasangan mesin pompa airnya, sebagai patokan ongkos atau jasa pemngeboranya sampai mendapatkan sumber mata air yang cukup dengan casing paralon atau pipa 3 inch kisaran 7 juta. Besarnya biaya juga dipengaruhi oleh kondisi tanah tempat pengeboran.

Namun jika kita ingin memmudahkan pelanggan untuk pembuatan sumur bur, bisa diperkirakan harga pengeboran antara 1 - 15 meter harga permeter bisa berkisaran antara Rp 150.000,- s.d. Rp 250.000,-) tidak termasuk casing/pralon  dan pompa (hanya melubangi saja)

Sebelum melakukan penawaran harga biasanya pekerja akan mensurvei terlebih dahulu untuk melihat lokasi yang akan di bor guna mempertimbangkan harga tawar, semakin sulit medan pengeboran dengan indikasi tanah mengandung bebatuan maka akan semakin mahal.

Hal yang penting dan perlu diperhatikan
Berdasarkan pengalaman saya mengamati dan juga pernah mengawasi dua proyek pembuatan sumur bor mesin, kita harus berhati-hati dalam proses pemilihan pemborong sumur bor atau pelaksana pengeboran.

Sifat pekerja sumur bor tidak beda jauh dengan sifat pekerja tukang kayu/batu, rawan mencidrai komitmen atau janji.
Ini pengamatan psikologis berdasarkan pengalaman berinteraksi dengan mereka melalui obrolan saat beristirahat. Banyak pekerja jasa yang melakukan pekerjaan nya setelah menyepakati kontrak atau komitmen sering ingkar janji. Saat menentukan pekerja sebaiknya kita mencari referensi yang terpercaya sebagai personal garansi yang menimbulkan rasa tidak enak jika mereka akan mengingkari janji.


Apa sebabnya mereka berprilaku seperti itu?

  1. Banyak nya tawaran kontrak kerja, akhirnya mereka pilih-pilih walaupun sudah ada kesepakatan sebelumnya.
  2. Permintaan orang yang ditakuti atau dihormati, kecendrungan tidak dapat menolak akhirnya mereka menunda yang lebih dulu dia janjikan.
  3. Dan beberapa alasan klasik seperti anggota team nya sedang kurang sehat, alat bornya ada yang bemasalah dan sebagainya.





Water Swivel


Alat ini dipergunakan sebagai pemompa tanah ketika proses pengeboran, Alat ini tidak ikut berputar ketika pipa bor diputar.

Kamisedang membuat water swivel dengan biaya murah dan mudah :


Bearing T Shock dan Ring
Bearing T Shock dan Ring

Water Swivel siap
Water Swivel siap


















10 comments:

  1. Selamat malam Mas. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas informasinya. Saya mau tanya Mas, ukuran dan nomer seri bearingnya berapa ya? Dan ukuran besi As nya berapa in ya Mas? Mohon infonya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai pipa air 1,25", seri bearingnya DAC427639WC3 MEREK KOYO

      Delete
    2. Lah itu di kasih sil ndak mas

      Delete
  2. Makasih atas info nya mas. ini sangat membantu,

    ReplyDelete
  3. sip buat tempur di lapangan yah agan..?

    ReplyDelete
  4. Selamat siang pak, berapa harganya water swivel yg ukuran pipanya 1"

    ReplyDelete
  5. Mas water swivel untuk pipa 1inci berapa ka.

    ReplyDelete
  6. Bisa di pesan gk ini swivel waternya pak

    ReplyDelete
  7. Mohon info seri bearingnya suhu..sy cari2 ko ga ada y..

    ReplyDelete